Perubahan Itu Mengasyikkan

by prajuritkecil99
Alhamdulillah, hujan turun setiap hari selama satu pekan terakhir ini. Kalau siang jadi adem, kalau malam jadi makin adem. Bisa makin asyik berpelukan.. sama guling! ← (lagi jomblo!) :p

Dan tepat satu pekan pula proses rollout sistem baru di tempat kerja dilaksanakan. Alhamdulillah sejauh ini lancar jaya. Kalaupun ada permasalahan cuma sedikit dan langsung bisa teratasi.

Yaa, rollout perubahan sistem di tempat kerja kami memang baru diterapkan per 2 Februari tahun ini. Kalau di tempat kerja rekan-rekan yang lain ada yang sudah lebih dulu beberapa bulan sebelumnya bahkan yang di kota-kota besar di pulau Jawa sudah sejak tahun kemarin.

Dari informasi yang didapat melalui forum internal maupun perbincangan secara langsung dengan para pelaku perubahan ini ternyata masih lebih banyak yang pro legacy. Mereka ini adalah kelompok yang bermahzabkan pro aplikasi existing, sebutan umum untuk aplikasi yang berlaku pada sistem sebelumnya hingga masa-masa persiapan implementasi rollout saat ini. :D

Ada beberapa poin yang bisa dijadikan pembenaran sehingga mengapa banyak rekan kerja yang memilih pro legacy. Salah satunya karena memang aplikasi existing yang telah digunakan sejak tahun 2005 tersebut sudah cukup user friendly dan tidak terlalu ribet. Sangat jauh berbeda dengan aplikasi pada sistem yang berlaku saat ini. Terlepas dari keunggulannya yang bisa menyatukan sekaligus menyajikan informasi data APBN seluruh Satuan Kerja di seluruh Indonesia secara komprehensif, tak disangkal bahwa aplikasi dengan sistem database Oracle hasil kerja sama tim IT kantor pusat dengan fihak luar dari negara penghasil film drama di benua Asia yang lagi ngetrend ini memang njlimet. Penggunaan kata hasil terjemahannya pun rada-rada aneh. Tak sedikit rekan kerja yang malah memplesetkan Oracle (baca: orekel) menjadi benar-benar 'orakel' alias ora kelar-kelar (nggak selesai-selesai) karena saking banyaknya tahapan yang harus dilalui.

Nggak salah juga sih kalau secara umum banyak orang yang kurang menyukai perubahan. Apalagi jika para pelaku perubahan ini sudah merasa sangat nyaman dengan kondisi yang ada sebelumnya. Saya jadi teringat dengan pengalaman konyol sewaktu mengikuti Training of Trainer aplikasi ini sekira dua tahun yang lalu. Ceritanya para peserta diinapkan di salah satu hotel ternama di kawasan Jakarta Pusat. Dasar emang saya orang udik, saya pun mengalami sedikit permasalahan saat menggunakan klosetnya, lebih spesifik lagi saat harus cebok setelah BAB. Kalau biasanya di rumah kan cuma pakai kloset jongkok dan tinggal siram pakai gayung. Atau kalau pas lagi nginap di hotel-hotel sebelumnya biasa pakai semprotan dengan mengatur tekanan handle untuk semprotan airnya. Nah ini ternyata beda lagi. Ada semacam kran yang harus diputar dengan ekstra hati-hati untuk mengatur tekanan semprotan airnya kalau nggak pengin itu air nyemprot ke mana-mana. Semprotan airnya pun langsung ke lubang pantat jadinya kalau semprotan air terlalu kencang yaa bisa terasa sakit. x_x

Untuk flush pun kalau biasanya tinggal tekan tombol di belakang dudukan kloset, ini tidak. Tombol flush yang hanya berupa kotak kecil dari material logam itu tertempel di dinding. Entah memang sengaja agak ditinggikan untuk ukuran normal orang bule yang rata-rata berbadan bongsor entah karena memang sayanya yang berbody terlalu imut jadinya agak kesulitan untuk menekan tombol flush tersebut. Harus sedikit memutar badan dan kepala untuk bisa menemukan dan kemudian menekannya. Benar-benar menyiksa dan merepotkan!

Tapi dengan begitu apakah saya harus tidak menggunakan kloset itu?! Tentu tidak. Iya kalau cuma sehari dua hari mungkin saya masih bisa nahan BAB. Ini trainingnya sampai satu pekan full kalau bela-belain nggak BAB demi menghindari permasalahan dalam penggunaan kloset itu ya jelas tidak mungkin. Bisa-bisa malah sakit yang lainnya nanti malah tambah masalah.

Terus?

Yaa tetap saya gunakan kloset itu.

Lap pakai tisu sambil bolak-balik cebok pakai segelas demi segelas air dari keran wastafel? Itu jelas cara yang konyol! :p

Yaa tetap gunakan saja sesuai dengan yang semestinya. Sehari dua hari memang masih harus korban perasaan dulu, nahan sakit sedikit di masa-masa trial and error sampai akhirnya bisa menemukan ritme yang pas untuk bisa mengatur tekanan semprotan air sehingga 'anu' kita tadi nggak terasa sakit lagi.

Setelah dua hari terlewati pun pinggang dan leher sudah nggak sakit lagi karena nggak harus bolak-balik tengok ke dinding untuk menemukan tombol flush. Setelah melalui proses exersice yang mendalam, akhirnya tangan pun bisa sinkron dengan hati dan otak sehingga proses tekan-menekan tombol flush tak ada kendala. Sambil tutup mata juga bisa. Hah! :D

Begitulah..

Namanya perubahan. Mau tidak mau, suka tidak suka yaa harus kita ikuti kalau kita tidak ingin ditinggalkan oleh adanya perubahan itu. Bukankan orang bijak pernah mengatakan bahwa tak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri.

Dalam pekerjaan pun demikian. Satu contoh nih misalnya yang masih anget, yakni mengenai peraturan pakaian kerja. Ganti presiden - ganti menteri - ganti kebijakan. Kalau sebelumnya bernuansa biru, saat ini lebih bernuansa merah. Mungkin nanti bisa berubah lagi jadi bernuansa ungu atau bahkan pink mungkin. :p

Contoh berikutnya yaa tadi itu mengenai perubahan sistem di tempat kerja. Mau tidak mau yaa harus mau. Suka tidak suka yaa harus suka. Bisa tidak bisa yaa harus bisa! Toh kita sudah sama sepakat bahwa kebanyakan dari kita menjadi bisa karena terbiasa. Kalau mungkin di awal-awal penerapan sitem yang baru ini masih banyak kendala terutama dari fihak Satuan Kerja yang belum siap, atau dari kita sendiri selaku user yang belum terlalu familiar dengan istilah-istilah maupun tahapan di tiap-tiap menu pada site map aplikasinya sehingga meskipun sudah dilakukan hand-holding oleh tim yang cukup bebobot tetap saja tak sedikit terjadi penolakan, retur dan error-error lainnya, insya Allah beberapa bulan ke depan semuanya akan berjalan lancar. Seperti yang ada di menu aplikasi, setiap kita selesai "Melakukan Tindakan" kita klik-klik terus sehingga yang awalnya masih "Menunggu-Normal" bisa berubah menjadi "Berjalan-Normal" dan akhirnya "Selesai-Normal". Kalau ternyata "Selesai-Error" yaa diulang lagi. :p

Dan ternyata aplikasi di sitem yang baru ini menyenangkan loh. Tiap saat kita klik "Segarkan Status" jadinya berasa segar terus!

Masih nggak percaya perubahan itu mengasyikkan?! ^-^



Perubahan
sumber gambar : media.shafira.com
monggo dishare ^-^
 
Copyright © 2014 - prajuritkecil99™ - Powered by Blogger
Template by Creating Website - Published by Mas Template