Ketika Koboi Perbendaharaan Beraksi..

by prajuritkecil99 ™
Saya sangat jarang memposting entah itu artikel maupun foto terkait kegiatan kantor di blog pribadi, apalagi di akun media sosial. Bukannya apa. Jujur saya tidak ahli di bidang jurnalistik sehingga khawatir jika postingan saya menyangkut organisasi tidak tersampaikan dengan baik dan malah dipersepsikan lain. Ampun dah..

Alasan lainnya karena sebagian besar (sebagian besar loh.. bukan semuanya..) teman di akun media sosial tidak terlalu antusias pada postingan yang nyerempet-nyerempet tentang kantor atau organisasi. Lebih demen sama postingan jalan-jalan atau kegiatan apa kek barengan teman atau keluarga yang terkesan santai dan tidak formal. Bahkan tak sedikit yang lebih menyukai postingan resep masakan meski itu cuma di-share dan tidak pernah dipraktekkan. 😅😅

Tapi supaya tidak dianggap seperti kacang yang lupa akan kulitnya,- sebagai pekerja yang tidak bangga dengan organisasinya, baiklah di postingan kali ini ceritanya seputar kegiatan instansi di mana saat ini saya bekerja. Itung-itung buat nambah postingan biar blog-nya gak tenggelam. Apalagi kabar-kabarnya Facebook mau diblokir. Kuy balik lagi kite nge-blog..

Jadi ceritanya di hari Sabtu-Ahad tanggal 21-22 April kemarin saya bersama rekan-rekan Punggawa K180 mengikuti kegiatan rakorwil di Kota Gorontalo. Buat yang belom tau apa itu rakorwil, itu kependekan dari Rapat Koordinasi Wilayah. Kegiatan rakorwil ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo dengan tema "Kerja Bersama Memperkokoh DJPb Dalam Mengawal APBN di Provinsi Gorontalo". Selain dari Kanwil, pesertanya juga berasal dari KPPN Gorontalo dan KPPN Marisa. Kalau belom tau KPPN itu apa, KPPN itu instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan Bendahara Umum Negara, penyaluran pembiayaan atas beban APBN, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran negara melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut bisa search di google atau di youtube juga banyak.. 😎

Kembali pada kegiatan rakorwil tadi..


Keynote Speech by Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo
Keynote Speech by Kakanwil DJPb Provinsi Gorontalo


Di hari pertama materinya diskusi panel, sharing session terkait current issues dan dinamika organisasi khususnya di bidang perbendaharaan. Ada juga workshop terkait literasi. Kiat-kiat bagaimana kita bisa menulis atau menyajikan data dalam bentuk infografis. Harapannya, semoga para insan Perbendaharaan dapat berpartisipasi dalam penyampaian informasi dan publikasi terkait peran DJPb dalam pengelolaan keuangan negara. Atau setidaknya dapat mengolah data yang dimiliki untuk bisa ditampilkan dengan lebih menarik dan informatif bagi pihak yang membutuhkan. Syukur-syukur bisa memberikan nilai tambah demi kemajuan pembangunan,- minimal untuk daerah di mana Kanwil DJPb dan KPPN berada.


Sharing Session Day1
Diskusi Panel & Workshop Literasi


Masih di hari yang sama, pada malam harinya digelar acara family gathering. Temanya koboi. Entah mengapa harus koboi, yang pasti sih acaranya santai. Selain ajang unjuk bakat, juga sebagai sarana untuk lebih mempererat silaturahim antar pegawai dan keluarga besar lingkup Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo. Work-life balance coy! 😘


Unjuk Bakat Keluarga Besar Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo
unjuk bakat keluarga besar lingkup Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo


Nah, dari KPPN Marisa kemarin kita Punggawa K180 bawain lagunya Naff. Saya lupa judulnya apa. Reff-nya yang gini ini.. "meski tak seindah yang kau mau.. tak sesempurna SK yang semestinya.. namun aku mencintaimu.. sungguh mencintaimu.." 😜


Punggawa K180 in action
Perform ala Punggawa K180


Hampir tengah malam. Acara belum rampung. Separuh lebih masih betah bercengkrama. Saya ijin balik. Maunya langsung tidur, tapi keinginan ngopi ternyata lebih besar. Akhirnya barengan Gus Boy nyari kopi. Ngandelin Google Maps. Nemu kedai kopi yang dekat dengan penginapan. Ngopi lah kita..

Di hari Ahad kegiatannya outdoor. Bersih-bersih sekitaran danau plus donasi tempat sampah. Melakukan penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan di Danau Perintis, Kabupaten Bone Bolango. Kegiatan ini selaras dengan komitmen organisasi dalam rangka turut berpartisipasi menjaga lingkungan melalui program "Perbendaharaan Go-Green". Selepas itu ada penandatanganan pakta integritas oleh para pejabat, lanjut makan siang dan penutupan yang mengambil tempat di Tiara Waterpark, Kota Gorontalo. Untuk acara terakhir saya tidak ikut. Langsung pulang ke rumah karena kondisi kurang fit alias my body not delicious.


Perbendaharaan Go-Green
Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo Peduli Lingkungan


Semoga rangkaian acara selama 2D1N kemarin bisa membawa berkah, memberikan dampak positif bagi organisasi dan lingkungan sekitar, kekompakan dan sinergi antar insan Perbendaharaan dapat ditingkatkan, sehingga apa yang diharapkan melalui lirik pada bait terakhir mars Perbendaharaan dapat tercapai. Hayoo, dah pada hapal mars Perbendaharaan belom?!
monggo dishare ^-^
 
Copyright © 2014 - prajuritkecil99™ - Powered by Blogger
Template by Creating Website - Published by Mas Template